PlayAGA

Anda berada di:  Home > About
top
Page

About

PlayAGA is a mobile and desktop platform game developer based in East Kalimantan, Indonesia. This business was founded in January 2019 by the owner, Anggi Prayoga. Currently there are no colleagues to work on this development and it is still being worked on by one person. Unity and Construct 2 are the engine that used for this development and the platform that has been published is HTML5.

ABOUT OWNER

Anggi Prayoga

I am an game developer, living in East Kalimantan, Indonesia. Apart from making games, I also work on developing the Playaga website and my personal website. I learned HTML, CSS and programming languages ​​that is C Sharp and Javascript.

More about me

Personal blog

In Indonesian

Ini blog tahun 2019 bahasaku agak kaku

Latar Belakang

      Saya memulai usaha ini sendirian (belum ada tim). Walaupun begitu, tetap saja selalu ada bantuan dari keluarga saya. Secara tidak langsung mereka semua telah membantu saya. Mulai dari kakak ipar saya yang sudah memberikan pekerjaan untuk saya, membantu saya ketika ada masalah, memberi motifasi melalui pengalaman hidupnya dan selalu berbuat baik kepada keluarga saya dan semua orang. Kemudian saudari - saudari saya yang selalu mendukung usaha saya. Ketika saya ada kemajuan mereka turut senang. Dan yang pastinya adalah mama' saya yang selalu mendo'akan setiap langkah anaknya, selalu mendukung dan membantu usaha anak - anaknya termasuk ipar - ipar saya.

Ini bukan kantor, tapi ini tempat saya membuat game sambil kerja

      Sebenarnya sudah ada rencana untuk menambah anggota, hanya saja untuk saat ini (2019) saya akan memulai usaha ini sendiri dulu, mulai dari membuat game, memasang iklan didalamnya dan mempublikasi. Alasan kenapa mengambil jalan ini adalah, karena jarangnya gamedev di Indonesia. Contohnya saat saya mencari tutorial yang berkaitan dengan pembuatan game hasilnya kebanyakan dari luar negeri, sedangkan yang dari lokal hanya beberapa, itupun kurang jelas. Contoh lainnya ketika saya mencari komunitas di sosial media juga kebanyakan dari luar, sedangkan yang lokal hanya beberapa, di dalamnya pun juga sangat sepi. Sudah ada beberapa kali juga saya tidak direspon dalam sebuah grup chat. Namun bukan berarti di Indonesia tidak ada perusahaan game. Di Indonesia juga ada gamedev terkenal seperti Toge Production, Digital Happiness dan lainnya.  Kebanyakan dari mereka berasal dari daerah yang dekat dengan ibu kota Jakarta seperti Jawa. Sedangkan saya tinggal di Kaltim, dimana teknologi lambat berkembang disana. Bahkan bagi orang yang tinggal diluar Kalimantan selalu membayangkan hutan ketika mendengar nama Kalimantan. Oleh karena itu saya usaha sendiri dulu untuk memberi bayangan kepada tim saya nantinya agar tidak ada yang kecewa ketika bergabung.

 

AGAme menjadi PlayAGA

      Dalam memilh nama saya tidak suka yang ribet - ribet. Saya lebih suka nama yang simpel, mudah diingat dan mencirikhas. Kebetulan saya memiliki singkatan nama yaitu "aga" dari nama lengkap saya "Anggi Prayoga", yang saya gunakan untuk dikolaborasikan dengan nama usaha saya. Pertama saya menggunakan nama aga dengan game yang kemudian menjadi agame. Agar terlihat unik kata aga menggunakan huruf kapital dan me menggunakan huruf kecil. Biasanya dalam memilih nama saya selalu mengecek di internet apakah ada yang sama atau memiliki artian yang berbeda, tetapi kali ini saya justru lupa untuk mengecek. Sekitar sebulan lebih barulah saya telusuri mulai dari pencarian google banyak hasil yang bermunculan. Kedua, banyak pengguna sosial media yang menggunakan atau hampir sama dengan nama agame. Kemudian satu lagi yang paling berpengaruh adalah ketidak tersediaan domain website "agame.com" karena sudah ada yang memiliki. Untungnya sempat terlintas di pikiran saya kata "play". Saya membuat pilihan antara playagame atau playaga dan yang pasti saya pilih adalah PlayAGA. Sedikit berat sebenarnya untuk mengganti nama karena sudah terlanjur sayang pada nama sebelumnya. Tetapi pada akhirnya saya lebih suka dengan nama yang baru karena dengan menggunakan nama ini usaha saya lebih terasa ciri khasnya.


Last edited: September 06, 2021, 14:12

Submenu

« prev top next »
top
News
News

Teng Teng - Challenge has been released!

22 April

About

Indie game development
Founded in 2019
Originally named AGAme

top
Menu
Social

Facebook |  Twitter |  Instagram |  Youtube


Share to your friends!

 
 

Powered by CMSimple | Template: ge-webdesign.de | Login

Jasa website